Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar

  • Muhammad Muhammad Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar. Rancangan penelitian adalah survey. Jenis penelitian termasuk explanatory research. Sampel penelitian yang ditetapkan sebanyak 44 reseponden dengan menggunakan skala likert dan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner keresponden. Penelitian ini analisis regresi linier berganda. Analisis data menggunakan uji t dan uji f dengan bantuan sofware SPSS For window. Untuk menguji setiap item pada setiap variabel telah dilakukan uji validitas dan realibilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kompetensi secara parsial memperoleh nilai thitung 2,168, > dari nilai ttabel 2,0195 dapat diartikan berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar. Variabel disiplin kerja secara parsial memperoleh nilai thitung 6,212, > dari nilai ttabel 2,0195 dapat diartikan berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar. Variabel kompetensi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar. Dibuktikan nilai Fhitung 41,687, > dari nilai Ftabel  sebesar 2,443.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Cottringer, W. (2003). The abc's of employee discipline. SuperVision. 64( 4).
Ghozali 2011: 98 aplikasi analisis multivariate dengan profram IBM Spss 20,semarang,ponogoro.
Bangun, W. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga
Setiawan, F. & Dewi, K. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Berkat Anugrah. Jurnal. Denpasar: Universitas Udayana.
Mahmudi. 2010 Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Kedua. Yogyakarta:UPP STIM. YKPN.
Mangkunegara 2011: 67 Manajemen Sdm ,Bandung.
Sudarmanto (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM Teori, Dimensi dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Sutrisno, Edi. 2009 Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Sugiyono 2010) Metode Penelitian Admisistrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sedarmayanti. (2011). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju.
Ma’arif, M. S., & Kartika, L. (2012). Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia, Implementasi Menuju Organisasi Berkelanjutan. Bogor: IPB Pers.Leistyodono dan Purwaning dyah, 2008 Kompetensi merupakan pengetahuan, ketrampilan
Torang 2012:118 Kinerja adalah kuantitas atau kualitas hasil kerja individu atau sekelompok di dalam organisasi
Wibowo 2010 : 7 Manajemen kinerja. Jakarta
Sedarmayanti. (2011). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju.
Published
2019-07-11
How to Cite
MUHAMMAD, Muhammad. Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar. SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 57-75, july 2019. ISSN 2598-3008. Available at: <http://www.sties-aceh.ac.id/e-jurnal/index.php/simen/article/view/133>. Date accessed: 07 dec. 2019.